Butung, (Humas Kemenag) – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barru, H. Syamsul Bahri, S.Ag., MA., menghadiri sekaligus mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barru, Dr. H. Jamaruddin, M.Ag., dalam kegiatan Pertemuan Rutin Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Barru Tahun 2025 yang digelar di Anre Guru Butung Resort. (22/5)
Dalam sambutannya, H. Syamsul Bahri menyampaikan berbagai keunggulan madrasah yang semakin hari menunjukkan perkembangan signifikan. Beliau menekankan bahwa:
1. Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah terus meningkat,
2. Prestasi madrasah di bidang akademik terus mengalami kemajuan,
3. Alumni madrasah memiliki daya saing yang tinggi,
4. Fasilitas sarana dan prasarana madrasah semakin membaik,
5. Kiprah alumni madrasah sudah mencapai tingkat internasional.
Meski demikian, beliau juga menggarisbawahi beberapa tantangan yang dihadapi oleh para Kepala Madrasah dalam menjalankan tugasnya, yaitu:
1. Kompleksitas peran kepala madrasah yang mencakup berbagai tugas,
2. Penguasaan teknologi informasi (IT) yang menjadi tuntutan zaman,
3. Keterbatasan sumber daya manusia,
4. Tuntutan peningkatan kualitas guru yang profesional, kompeten, dan inovatif.
Sebagai solusi, peningkatan kualitas guru harus dilakukan melalui penguatan tiga fungsi utama dalam kepengawasan, yakni:
1. Peran pengawas sebagai pihak yang diberi wewenang untuk melakukan pengawasan,
2. Pengawasan yang efektif dan terarah terhadap pelaksanaan pendidikan,
3. Tindakan kepengawasan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi di lapangan.
Menutup sambutannya, H. Syamsul Bahri juga menyinggung pelaksanaan Asesmen Madrasah yang sedang berlangsung. Ia menekankan pentingnya komitmen seluruh pemangku kepentingan, termasuk kepala madrasah, guru, dan pengawas, dalam memastikan kelulusan siswa. Beliau menegaskan bahwa evaluasi kinerja seperti Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) harus dilakukan secara berkala demi menjaga mutu dan akuntabilitas pendidikan madrasah. (sri) (din)